Loading Now

Pertemuan Gubernur Ansar Ahmad Dengan Menteri Besar Johor Berimplikasi Pada Ekonomi dan Pariwisata Kepri

Pertemuan Gubernur Ansar Ahmad Dengan Menteri Besar Johor Berimplikasi Pada Ekonomi dan Pariwisata Kepri

Menteri Besar Johor, Yang Amat Berhormat (YAB) Dato’ Onn Hafiz Ghazi bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad melakukan pertemuan bilateral di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (24/05/2024).

Usai pertemuan, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan, ada pembahasan potensi Kerjasama Singapur, Johor dan Kepulauan Riau atau SIJORI akan dihidupkan kembali.

Menurut Ansar, kolaborasi antar negara ini dibutuhkan untuk menciptakan semangat ekonomi yang positif serta membangun hubungan bilateral antara ketiga negara.

“Kita membicarakan perkuatan dan penguatan kerja sama Kepri dengan Johor. Jadi kami berkumpul membahas hal itu. Karena kami serumpun. Jadi skema Sijori yang dulu bisa kita hidupkan lagi tapi dengan nama yang nanti kami bahas ulang,” kata Gubernur Ansar.

Mantan Bupati Bintan itu juga membahas rencana pengoperasian rute kapal Ro-ro Kepri-Johor untuk meningkatkan konektivitas dan membuka peluang ekonomi dan kunjungan wisatawan antar kedua wilayah.

Apalagi, kata Ansar, Kepri memliki beberapa keunggulan dari sektor pariwisata, Kawasan Ekonomi Khsusus (KEK), dan Free Trade Zone (FTZ). “kami juga membahas kerjasam ekonomi kedepan seperti Roro langsung ke Johor kemudian pemanfaatan ftz dan kawasan ekonomi khsusus. Kerja sama ini juga akan menyentuh UMKM,” katanya.

Menurut Ansar, Menteri besar Singapore dan Malaysia menyambut baik dengan hal tersebut. “Selain itu juga di bidang budaya nanti kami aktualisasi progam awal seperti apa. Jadi ada event-event budaya antara Johor dan Kepri Karenakan kemistrinya sama dengan kita,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakit menyambut baik semangat ekonomi Sijori. Menurutnya, menghidupkan lagi event budaya antar negara serumpun sangat positif. Khsususnya bagi Kepri. Khususnya dalam peningkatan kunjungan wisatawan.

“Budaya serumpun. Nanti ada tim khsusus yang akan merancang seperti apa bentuk kerjasamanya. Sementara mereka (Johor) fokus ke medical turis tourism. Intinya itu sejarah, budaya dan Pariwisata tadi dibahas semu,” ucapnya.

Kemudian, Menteri Besar Johor, Yang Amat Berhormat (YAB) Dato’ Onn Hafiz Ghazi menyambut baik pertemuan bilateral ini. Apa yang telah menjadi pembahasan, akan segera dirembuk untuk menentukan langkah gerak selanjutnya. “Yang jelas ape yang telah diutarakan Pak Gubernur sangat baik. Kami pun menyambut baik,” sebutnya.

Menteri Besar Johor itu masih juga menaruh kekaguman terhadap polesan Pulau Penyengat. “sangat terkesan, tempatnya bersejarah, tapi bagus bangunan yang sudah dibuat Pak Gubernur,” sebutnya mengapresiasi. (sumber)

Share this content: