Loading Now

4 Fokus Solusi Tini Kartini Retas Persoalan Sosial di Dapil Jabar XI, Dari Infrastruktur Hingga Pertanian

4 Fokus Solusi Tini Kartini Retas Persoalan Sosial di Dapil Jabar XI, Dari Infrastruktur Hingga Pertanian

 Hj. Tini Kartini, Caleg DPR RI dari Partai Golkar untuk Dapil Jabar XI yang melingkupi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut memiliki 4 fokus solusi yang akan ditawarkannya kepada konstituen jika terpilih duduk di kursi DPR RI. Hal ini disampaikan oleh Tini Kartini kepada redaksi Golkarpedia saat menjadi narasumber konten Youtube bertajuk ‘Batagor – Bincang Tanya Seputar Golkar’ beberapa waktu lalu.

Menurut Tini Kartini, di awal masa kampanye ini ia terus menyerap aspirasi yang disampaikan masyarakat Garut dan Tasikmalaya. Setidaknya ada beberapa persoalan yang berhasil ia temukan, di antaranya adalah pengangguran usia produktif, pengembangan pariwisata, pertanian dan pendidikan.

“Pengangguran masih masif terjadi, berdasar data yang ada sekitar 7,8% penduduk usia produktif masih menganggur. Lalu masalah stunting yang terjadi secara nasional, Garut dan Tasik juga tak luput dari persoalan ini. Kemudian persoalan pariwisata, pertanian dan pendidikan,” ujar Tini Kartini dikutip redaksi Golkarpedia melalui wawancara.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Tini Kartini memaparkan memiliki 4 fokus solusi yang bakal ditawarkannya serta dijalankan kepada konstituen apabila ia terpilih duduk sebagai anggota DPR RI dari Dapil Jabar XI.

Keempat fokus solusi tersebut adalah, peningkatan infrastruktur daerah pemilihan sebagai penunjang potensi pariwisata, memastikan aksesibilitas pendidikan di semua tingkatan, menyediakan koperasi, asuransi dan lembaga pelatihan bagi petani, serta memberikan kemudahan akses informasi serta permodalan bagi para angkatan kerja yang ingin berwirausaha.

“Garut dan Tasik memiliki keunggulan di bidang pariwisata, bahkan untuk Garut mendapat julukan Swiss Van Java. Potensi ini harus digali secara serius kedepannya. Jadi masyarakat tak perlu pergi keluar negeri untuk menikmati liburan kalau Garut dan Tasik sudah menyediakan alam yang indah. Tinggal infrastrukturnya kita benahi agar wisatawan juga betah berkunjung ke Garut. Ini fokus pertama saya,” paparnya.

“Untuk persoalan pendidikan, saya juga ingin memastikan aksesibilitas pendidikan ini secara merata dirasakan oleh seluruh masyarakat Garut. Terkait dengan pembiayaan, jika saya duduk di DPR RI, saya akan memperjuangkan kuota beasiswa PIP bisa dirasakan masyarakat di Dapil saya,” sambung Tini Kartini yang berada di nomor urut 6 ini.

Tokoh senior yang juga menjadi pengurus KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) ini juga menemukan masalah di bidang pertanian pada wilayah Garut dan Tasik. Menurutnya pada sektor pertanian dibayang-bayangi pergeseran nilai profesi. Sehingga generasi muda enggan melirik sektor pertanian sebagai sumber ekonomi yang menjanjikan.

“Karenanya kita juga ingin menjamin kemudahan profesi tani sekaligus memberikan peningkatan kapasitas dengan membangun lembaga pelatihan pertanian di Dapil. Jaminan terhadap profesi petani akan bisa diwujudkan dengan adanya koperasi serta asuransi tani,” ungkap Tini Kartini.

“Koperasi akan menjamin ketersediaan pupuk, bibit dan hal yang dibutuhkan para petani, sedangkan asuransi diperlukan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup para petani. Jika mereka sakit ada yang mengcover dan ini penting untuk mereka. Selain itu saya memiliki gagasan untuk membangun lembaga pelatihan pertanian dengan sistem paguyuban nantinya,” ungkap Tini Kartini.

Lembaga pelatihan pertanian ini tidak hanya melatih dan sebagai sarana peningkatan kapasitas para petani. Tetapi juga untuk membantu petani meluaskan pangsa pasar mereka. “Kita juga akan memberikan penyuluhan untuk para petani setelah panen, termasuk memberi informasi harga komoditas dan corong penjualan dari potensi komoditas tanam,” sebut Tini Kartini.

Terakhir, untuk mengentaskan pengangguran di Garut dan Tasikmalaya, Tini Kartini akan mengintensifkan kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menarik investasi ke daerah. Dengan adanya investasi ke daerah, diharapkan akan muncul sumber ekonomi baru yang mampu menyerap lapangan kerja.

“Tak hanya itu, saya juga mendorong kemudahan akses permodalan bagi pelaku UMKM maupun wirausahawan pemula di Garut dan Tasikmalaya nantinya. Dengan kemitraan yang dimiliki oleh DPR RI, saya yakin mampu menunaikan 4 fokus solusi ini. Karena itu, saya mohon doa dan dukungan untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya agar saya dapat merealisasikan hal ini,” pungkas Tini Kartini. (sumber)

Post Comment