Loading Now

12 Nama Kader Partai Golkar Yang Ramaikan Bursa Calon Kepala Daerah di Pilkada se-Banten 2024

12 Nama Kader Partai Golkar Yang Ramaikan Bursa Calon Kepala Daerah di Pilkada se-Banten 2024

Sebanyak 12 kader Partai Golkar masuk dalam bursa calon kepala daerah di Pilkada Banten 2024.

Dari 12 nama kader Partai Golkar tersebutr hanya satu orang yang dipasang untuk Pilgub Banten 2024. sosok tersebut ialah Airin Rachmi Diany.

Diketahui, Pilkada Banten 2024 dijadwalkan akan dilaksanakan pada November 2024, meliputi;

Pilgub Banten

Pilkada Kota Serang

Pilkada Kabupaten Serang

Pilkada Kota Cilegon

Pilkada Pandeglang

Pilkada Lebak

Pilkada Kabupaten Tangerang

Pilkada Kota Tangerang

Pilkada Kota Tangerang Selatan

Berikut ini daftar kader Golkar yang dipasang pada Pilkada Banten 2024.

Airin Rachmi Diany

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sudah mengantongi restu DPP Partai Golkar untuk maju dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub Banten 2024. Bahkan, Airin mendapatkan dukungan langsung dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga.

Mulanya, Airlangga menyapa para awak media yang telah tiba di halaman depan Istora Senayan. Seketika, Airlangga melihat keberadaan Airin dan memperkenalkannya secara tak biasa kepada awak media. “Ini Bu Airin, calon Gubernur Banten,” kata Airlangga, Jumat pagi.

Saat itu, Airin hanya tersenyum dan tak berkomentar soal ucapan Airlangga. Ditemui setelah acara pertemuan, Airin baru menyampaikan komentarnya.

Kepada awak media, ia mengatakan bahwa hingga kini dia hanya fokus untuk menjalankan tugas turun ke masyarakat. “Ya tugas kita turun saja, doanya,” kata Airin.

Sachrudin

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Tangerang Sachrudin semakin menunjukan kesiapan dirinya dalam maju di kontestasi Pilkada serempak 2024.

Hal tersebut dilakukan dengan mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029 yang dibuka oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tangerang.

Pengambilan berkas penjaringan calon walikota Tangerang diambil langsung oleh Sachrudin dengan didampingi petinggi DPD Partai Golkar Kota Tangerang.

“Hari ini saya bersama teman-teman dari Fraksi Partai Golkar dan pengurus DPD Partai Golkar Kota Tangerang, hadir untuk mengikuti penjaringan calon Wali Kota Tangerang,” ujar Sachrudin kepada awak media, Kamis (25/4/2024).

Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan

Partai Golkar mantap mengusung petahana, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan untuk maju pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2024. Partai beringin memastikan pasangan yang sudah memimpin Tangsel sejak 2021 itu mutlak, tak bisa diutak-atik.

Jika ada partai yang ingin berkoalisi, maka tidak bisa menyodorkan sosok lain. Hal itu diungkapkan Ketua Harian DPD Golkar Tangsel, Moch. Ramlie. “Tetap dong Benyamin-Pilar dong, pasangan yang handal, kader terbaik Partai Golkar,” kata Ramlie kepada TribunJakarta melalui sambungan telepon, Jumat (19/4/2024).

Benyamin-Pilar sendiri sudah dipanggil DPP Golkar dan diberikan surat tugas pada November 2023 lalu. Namun pasangan itu harus membuktikan diri terlebih dahulu kepada masyarakat untuk layak atau tidaknya dipilih kembali. Setelahnya, DPP Golkar akan mengevaluasi.

Mad Romli

Sekretaris DPD Partai Golkar Muhamad Amud mengatakan, pihaknya telah mendaftarkan Mad Romli sebagai Bakal Calon Bupati Tangerang 2024 ke tiga partai politik.

Tiga partai politik yang telah membuka penjaringan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang itu ialah Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

“Sampai saat ini kami sudah mendaftarkan Bapak Mad Romli selaku Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang ke 3 partai, pertama kami ambil formulir pendaftaran di Partai Demokrat, kemudian PKB dan juga PDI Perjuangan,” ujar Amud saat diwawancarai TribunTangerang.com, Selasa (30/4/2024).

“Semua partai yang sudah membuka penjaringan, sudah kami ambil formulir pendaftarannya untuk mengusung Mad Romli sebagai Calon Bupati Tangerang,” sambungnya.

Erlangga Yudha Nugraha

Wakil Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar, Erlangga Yudha Nugraha maju mencalonkan diri di Pilkada 2024.Erlangga Yudha Nugraha mulai menunjukkan keseriusannya untuk maju di Pilkada Kota Tangerang 2024.

Hal itu ditandai, dengan blusukan yang dilakukan oleh Erlangga terhadap anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas motor. “Ya dalam rangka silaturahmi (menemui anak-anak muda). Kedua juga kami punya hobi yang sama (menjadi bikers),” ujar politisi Partai Golkar, dikutip dari Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

Erlangga mengatakan, kegiatan blusukan menemui anak muda yang juga biker itu mulai dilakukan pada Kamis kemarin. Ia menemui anak muda di dalam komunitas bikers Senang Kencang. Komunitas ini diketahui turut dilibatkan dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya.

“Kan pendiri komunitas Senang Kencang, Mas Wahyu Kandacong ini sudah bergeliat di dunia motor sudah lama, ke depan ini semoga ini bisa memudahkan (menyerap aspirasi soal street race) dari akses perizinan pemerintah,” kata Erlangga.

Intan Nurul Hikmah

Intan Nurul Hikmah merupakan pengurus DPD Golkar Kabupaten Tangerang dan adik Ahmed Zaki Iskandar, mantan Bupati Tangerang dua periode yang kini diorbitkan sebagai calon gubernur DKI. Penugasan kepada Intan ini disampaikan pada pertemuan di DPP Partai Golkar di Jakarta Barat, Sabtu (6/4/2024).

Pada hari itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengumpulkan ribuan kader dan kandidat calon kepala daerah.

Airlangga mengaku, di masing-masing daerah bakal ada satu sampai dua nama yang akan diusung Partai Golkar untuk maju di Pilkada 2024. “Tentu nama-nama nanti akan dikerucutkan melalui tiga kali survei (elektabilitas),” kata Airlangga.

Survei pertama akan pada Mei 2024 . Survei kedua digelar bulan Juli dan survei terakhir berlangsung Agustus 2024. Airlangga menegaskan Partai Golkar tidak meminta uang dari para kandidat calon kepala daerah. “Partai Golkar tidak menggunakan mahar,” katanya.

Isro Miraj

Ketua DPRD Cilegon sekaligus Sekretaris DPD II Partai Golkar Cilegon, Isro Mi’raj menerima mandat sebagai bakal calon Wali Kota Cilegon untuk Pilkada 2024 yang diusung oleh partai Golkar.

Selain Isro Mi’raj, DPP Partai Golkar juga mengusung Ketua DPD II Partai Golkar Ratu Ati Marliati untuk kembali maju di Pilkada 2024 sebagai bakal calon walikota Cilegon. Keduanya resmi diberikan mandat sebagai bakal calon walikota Cilegon pada Selasa (21/11/2023).

Ketua DPRD Cilegon, Isra Mi’raj menerangkan bahwa dalam mandat yang diberikan kepadanya, secara umum DPP Partai Golkar menugaskan kepadanya untuk memenangkan Pemilu 2024.

“Arahan ketum intinya ketika sk (bakal calon walikota,-red) ini dikeluarkan, dan semua diberi tugas parameternya untuk memenangkan pileg dan pilpres, dan ini tiket (bakal calon walikota,-red) ini gratis, dibayarnya secara sekarang ini kerja keras memenangkan pemilu,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/11/2023).

Diakui Isro, dalam penyerahan SK kepada seluruh bakal calon kepala daerah se Indonesia, DPP Partai Golkar tidak menyampaikan tugas secara spesifik terkait Pilkada. Terlebih dalam bursa Pilkada 2024, DPP Partai Golkar menunjuk dua bakal calon walikota Cilegon.

“Ke arah sananya belum disampaikan secara spesifik, makanya saya tidak ngerasa besar kepala, tidak merasa hebat, tidak merasa ini menjadi persaingan, karena kita sama-sama ingin membesarkan partai di mana kita sedang bernaung,” ungkapnya.

Robinsar

Robinsar berpeluang didukung Partai Golkar untuk maju jadi calon Wali Kota Cilegon 2024. Ratu Ati Marliati menyatakan tidak akan maju di Pemilihan Walikota atau Pilwalkot Cilegon 2024.

Hal itu disampaikan Ratu Ati Marliati di hadapan awak media usai menggelar acara silaturahmi dan buka puasa bersama (Bukber) DPD II Partai Golkar Cilegon.

Sebelumnya, Ratu Ati mendapat rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai calon Walikota Cilegon 2024. “Saya katakan saya tidak akan maju, sehingga saya memberikan kesempatan,” ujarnya saat di Kantor DPD II Golkar Cilegon, Kamis (4/4/2024).

Diketahui Robinsar merupakan kader muda Golkar yang baru pertama kali mengikuti Pemilu 2024. Ia berhasil mengumpulkan suara terbanyak se-Kota Cilegon dan merebut satu kursi DPRD.

Fitron Nur Ikhsan

Fitron Nur Ikhsan merupakan politisi Partai Golkar yang saat ini maju jadi calon Bupati Pandeglang. Fitron maju didampingi Diana Jayabaya. Saat ini keduanya sudah melakukan penjajakan ke beberapa partai politik salah satunya PDIP.

Bahkan Fitron dan Diana mengikuti fit and proper test di DPD Partai Demokrat Banten. Fitron dan Diana menyampaikan visi misi untuk membangun Kabupaten Pandeglang jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2024.

“Tadi fit and proper test, tapi di dalamnya ada penyampaian visi dan misi dan alasan kita ingin bekerjasama dengan Partai Demokrat,” kata Fitron di kantor DPD Demokrat Banten, Kamis (23/4/2024).

Fitron menjelaskan, dalam kegiatan itu dia menyampaikan persoalan yang terjadi di Kabupaten Pandeglang, salah satunya keterbatasan APBD yang hanya Rp1,7 triliun. “Masalah utama di Kabupaten Pandeglang hari ini adalah terkait dengan keterbatasan fiskal,” katanya.

Andika Hazrumy

Partai Golkar makin percaya diri mengusung Andika Hazrumy, menjadi calon Bupati Serang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pasalnya, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Partai Golkar mendapat 11 kursi, dengan perolehan suara mencapai 184.118 suara dari lima daerah pilih (Dapil).

Ketua DPD Partai Golkar, Fahmi Hakim meyakini dengan perolehan suara tersebut, dapat mengantarkan Andika Hazrumy menjadi Bupati Serang. “Ini tentu sudah cukup untuk menjadi modal saya mengusung Andika Hazrumy untuk Pilkada Kabupaten Serang,” kata Fahmi kepada TribunBanten.com melalui sambungan telepon, Selasa (5/3/2024).

Kendati demikian, Fahmi mengaku akan melakukan konsolidasi dengan sejumlah Partai di Kabupaten Serang. Upaya itu untuk membangun koalisi dengan partai lain. “Sehingga langkah-langkah saya tinggal konsolidasi dengan partai politik lain, untuk memudahkan langkah pak Andika menjadi Bupati Serang,” ujar dia.

Ratu Ria Maryana

Ketua DPD Golkar Kota Serang, Ratu Ria Maryana yang menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon Wali Kota Serang di Pilkada 2024.

Pernyataan bakal maju di Pilwalkot Serang 2024 langsung dilontarkan Ratu Ria Maryana saat ditemui TribunBanten.com di Gedung DPRD Kota Serang.

Untuk membuktikan keseriusannya maju di Pilwalkot Serang 2024, dirinya tidak lagi mencalonkan diri sebagai calon legislatif di Pemilu 2024. “Sampai detik ini saya tidak mencalonkan diri di legislatif, karena ikhtiar saya kedepan mudah-mudahan saya diterima oleh masyarakat dan saya akan fokus demi kemenangan legislatif,” kata Ratu Ria. (sumber)

Share this content: