Loading Now

Hetifah Ingin Kebijakan Pendidikan di Kaltim Selaras Dengan IKN

Hetifah Ingin Kebijakan Pendidikan di Kaltim Selaras Dengan IKN

Keselarasan peningkatan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur dalam menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) selalu disuarakan, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam diskusi yang digelar STIE Nasional Samarinda, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema “Arah Kebijakan Pendidikan Kalimantan Timur yang Selaras dengan Pembangunan IKN Nusantara” tersebut juga mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim yang diwakili Kepala Bidang Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMA Disdikbud Provinsi Kaltim, Siti Aminah.

Dalam paparannya, Hetifah selalu tergugah dengan semangat lembaga pendidikan di Kaltim yang menyambut positif pembangunan IKN. Hal ini menjadi cerminan masyarakat Bumi Etam untuk terus meningkatkan pendidikan ke arah yang lebih baik.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menerangkan, visi IKN sebagai kota berkelanjutan dan futuristik sekaligus penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Hal tersebut hanya dapat diwujudkan melalui peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Untuk mencapainya, dibutuhkan akses pendidikan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di Kaltim. Sayangnya, meski berdasarkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kaltim berada di urutan ketiga nasional dengan skor 78,2 pada 2023, masih terjadi kesenjangan di beberapa kabupaten/kota lainnya di Bumi Etam.

“Untuk menciptakan akses pendidikan yang adil dan merata, kita harus mampu menekan angka putus sekolah terutama di kelompok umur 16-18 tahun (SMA/sederajat) yang masih terbilang tinggi, yakni di angka 17,92 persen,” ujar dia. (sumber)