Loading Now

Sarmuji Pantau Perkembangan Pembangunan Infrastruktur Listrik IKN Oleh PLN

Sarmuji Pantau Perkembangan Pembangunan Infrastruktur Listrik IKN Oleh PLN

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji bersama Anggota Komisi VI lainnya mendatangi kantor PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra). Tim kunjungan spefisik ini meninjau progres pembangunan infrastruktur listrik yang telah ditugaskan kepada PT. PLN di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tadi sudah dipaparkan langsung progres oleh PT. PLN bahwa mereka sanggup dan juga dalam pengerjaannya sudah hampir rampung mengenai persiapan 10.000 MW (Mega Watt) untuk kecukupan listrik di IKN,” ujar Sarmuji usai memimpin Kunspek ke Kantor UIW Kaltimra, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (4/7/2024). Seperti yang diketahui, Undang-Undang (UU) tentang IKN mengatur konsep listrik ramah lingkungan di wilayah tersebut berbasis pada State Of The Art Of Technology.

Lebih lanjut, Komisi VI DPR RI meminta PT. PLN untuk memaparkan data roadmap mengenai kebutuhan listrik yang akan dibutuhkan oleh IKN. Hal ini untuk menyelaraskan kebutuhan, sehingga tidak adanya penyediaan energi listrik berlebihan yang dapat menghabiskan biaya yang cukup besar.

“Jangan sampai dalam menyediakan energi listrik itu berlebihan dan tidak sesuai dengan roadmap yang ada sehingga mubazir serta memakan biaya cukup besar, dan pada seharusnya bisa disalurkan ke sektor lain yang lebih berguna,” tegasnya.

Legislator Dapil Jawa Timur VI ini merasa puas akan paparan kinerja PT. PLN dikarenakan sebagian besar penyediaan energi listrik bagi IKN dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT), “ini tentu mewujudkan mimpi kita sebagai ibu kota yang maju, modern, bersih dan menjadi simbol kebanggaan bangsa Indonesia di masa mendatang,” tutupnya. (sumber)

Share this content: