Loading Now

Warung Kuning Partai Golkar Jadi Inspirasi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Warung Kuning Partai Golkar Jadi Inspirasi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengungkapkan program makan siang gratis Prabowo-Gibran ternyata terinspirasi dari apa yang sudah Partai Golkar lakukan selama tiga tahun terakhir ini. Airlangga menyebut bahwa selama tiga tahun terakhir, Partai Golkar senantiasa membagikan makan siang gratis di hari Jumat kepada masyarakat umum.

Hal ini disampaikan oleh Airlangga Hartarto saat ia menghadiri acara Konsolidasi Partai Golkar Menuju Pemilu Damai 2024 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada hari ini, Sabtu (06/01). Pada kegiatan tersebut, diselenggarakan juga acara festival masak dan makan gratis bersama Partai Golkar untuk warga masyarakat yang hadir.

“Partai Golkar itu selama 3 tahun terakhir selalu membagikan makan gratis melalui organisasi Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) itu setiap hari Jumat. Diakumulasikan hingga hari ini sudah mencapai 150.000 bungkus. Di samping itu juga ada warung kuning oleh relawan Partai Golkar. Jadi ini bukan merupakan hal yang baru. Program ini kemudian diangkat oleh Pak Prabowo untuk menjadi program makan siang gratis,” papar Airlangga Hartarto dikutip redaksi Golkarpedia dari wawancara secara langsung.

Terkait dengan program makan gratis Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa hal tersebut sudah dibahas di internal tim pemenangan. Acara hari ini sendiri bagi ayahanda Ravindra Airlangga tersebut sebagai uji kelayakan apakah program makan siang gratis layak diterapkan. Uji kelayakan yang dimaksud adalah, dengan anggaran berkisar 15 sampai 20 ribu rupiah per piring, apakah sudah bisa memenuhi porsi makan ideal.

“Kami sudah bahas di tim internal secara teknokratis, bagaimana program makan siang gratis ini. Dan hari ini diadakan lomba masak dan makan gratis dengan lauk, ada proteinnya (ayam dan ikan), ada sayur dan ada telur. Nah yang diperlombakan itu kira-kira biaya untuk satu piringnya berapa,” dijelaskan lulusan Fakultas Teknik UGM ini.

Hasilnya, Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menko Perekonomian memastikan bahwa dengan anggaran sekitar 15 sampai 20 ribu rupiah para peserta lomba masak sudah bisa menghasilkan menu yang lezat nan bergizi. Artinya, program makan siang gratis Prabowo-Gibran sangat mungkin dilakukan sebagai program nasional.

“Dari tadi kami perhatikan ini ada 150 tim juru masak, itu satu piring sekitar Rp. 15 ribu. Jadi ini menjadi dasar bahwa menu sehat itu bisa dilakukan dengan ongkos 15 sampai 20 ribu. Menunya juga macam-macam, bisa variatif. Sehingga kami rasa program makan siang gratis ini, program yang feasible dilakukan,” sebut Airlangga Hartarto. {politiknesia}