Loading Now

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor Panen Tanaman Sayur Bersama Warga Desa Gunung Besar

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor Panen Tanaman Sayur Bersama Warga Desa Gunung Besar

Memasuki hari ketiga Turun Ke Desa (Turdes) ke-10, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor melakukan panen sayuran bersama warga Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (3/7/2024). Kegiatan panen terasa spesial karena dirangkai dengan HUT Desa ke-17 Gunung Besar.

Kepala Desa Gunung Besar, Suwito mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Gubernur Kalsel yang bisa menghadiri Hari Ulang Tahun Desa Gunung Besar ke 17 tahun.

“Dengan kedatangan Gubernur Kalsel ini menjadi motivasi pihaknya untuk terus mengembangkan Desa Gunung Besar agar menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan warga melalui program ketahanan pangan,” kata Suwito.

Adapun tanaman milik kelompok wanita tani desa wisma Berkah Ketahanan Pangan RT 3 yang dipanen bersama sang Gubernur antara lain berupa sayuran segar seperti sawi, terong, cabai, jagung, singkong, daun bawang dan buah pepaya dengan luas lahan 1 hektare. Produk tanaman pangan ini nantinya akan dijual ke pasar tradisional.

Kades Suwito mengatakan program ketahanan pangan pada desa, sebagai upaya pihaknya untuk mengedukasi warganya agar lebih mandiri dalam mengelola ketahanan pangan di desa.

“Kita ciptakan edukasi agar masyarakat lebih mandiri dalam mengelola ketahanan pangan khususnya untuk meningkatkan kesehatan,” ujarnya.

Menurut Suwito, program ketahanan pangan desa saat penting, apalagi Kalsel telah ditetapkan menjadi penyangga pangan IKN. “Mudah-mudahan desa gunung besar menjadi salah satu penyuplai produk Ketahan pangan untuk Kalsel dan IKN,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sangat mengapresiasi pengembangan program ketahanan pangan pada Desa Gunung Besar untuk menjaga stabilitas pasokan pangan untuk masyarakatnya. “Ini membuktikan bahwa program ketahanan pangan di desa ini dimanfaatkan dengan baik. Dan SDM nya sangat inovatif. Bahkan saya lihat tadi hasil panen produk ketahanan pangan cukup baik kualitasnya,” ujarnya. (sumber)

Share this content: