Loading Now

Airlangga Hartarto Ungkap Biaya Pembangunan Giant Sea Wall Pantura Jawa: Capai Rp. 700 Triliun

Airlangga Hartarto Ungkap Biaya Pembangunan Giant Sea Wall Pantura Jawa: Capai Rp. 700 Triliun

Menteri Koordinasi (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan estimasi biaya pembangunan proyek tanggul laut raksasa atau giant sea wall diperkirakan mencapai Rp 700 triliun. Sementara untuk wilayah Jakarta saja sekitar Rp 180 triliun.

“Estimasi biaya mungkin bisa Rp 600 triliun sampai Rp 700 triliun tergantung berapa besar itu. Studinya sudah kita siapkan,” kata Airlangga di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jumat (19/1/2024).

Airlangga mengatakan, sudah ada beberapa investor yang ingin berinvestasi di pembangunan proyek. Rencananya, proyek ini akan dibangun melalui perjanjian kontrak antara swasta dan pemerintah atau public private partnership (PPP).

Proyek ini dibuat dengan sejumlah tahapan dalam proyek strategis nasional. “Tahapan yang sudah dilakukan sebagian di Jakarta dan yang lebih masif lagi adalah Demak-Semarang,” imbuh Airlangga yang juga menjabat sebagai ketua umum Partai Golkar.

Airlangga bersama Partai Golkar akan menyisir pesisir utara guna meninjau dampak yang akan dirasakan masyarakat dan kawasan ekonomi yang ada di sana. Menurutnya, kawasan ekonomi di Indonesia sebagian besar berada di utara. “Karena kawasan ekonomi kita sebagian besar di utara dan ini bisa terancam oleh banjir rob,” pungkasnya. (sumber)