Loading Now

Airin Rachmi Diany Ungkap Peran Penting Keluarga Menjaga Kesehatan Mental dan Emosional Anak

Airin Rachmi Diany Ungkap Peran Penting Keluarga Menjaga Kesehatan Mental dan Emosional Anak

Tokoh Perempuan Banten, Airin Rachmi Diany menyebut kontribusi keluarga dalam mendukung kesehatan mental dan emosional anak sangatlah penting. Menurutnya, keluarga adalah lingkungan pertama di mana seorang anak belajar, tumbuh, dan berkembang.

“Memberikan dukungan yang konsisten dan positif, keluarga dapat memainkan peran yang sangat penting dalam membantu anak mengembangkan kesehatan mental dan emosional yang baik,” ujar Airin saat bertemu warga di Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu (6/1/2024).

Lanjutnya, melalui komunikasi terbuka dan penerimaan terhadap perasaan anak, keluarga membantu anak memahami dan mengelola emosinya dengan baik.

“Ini membantu mencegah masalah kesehatan mental yang mungkin muncul karena ketidakmampuan dalam mengatasi emosi,” ungkapnya.

Ketua Pimpinan Pusat KPPG ini mengatakan, selain hubungan positif antara anggota keluarga yang dapat menciptakan fondasi yang kuat bagi kesehatan mental anak.

Menurutnya, kehangatan dan dukungan dari keluarga dapat membantu anak mengatasi stres dan tekanan dari lingkungan eksternal.

Selain itu juga, keluarga juga berperan sebagai model perilaku. Kata Airin, anak cenderung meniru dan belajar dari apa yang mereka lihat di rumah.

“Ketika keluarga menunjukkan cara yang positif dalam mengelola stres dan menghadapi tantangan, anak lebih mungkin mengembangkan strategi yang sehat,” pungkasnya.(sumber)