Loading Now

Ahmed Zaki Iskandar Serahkan Keputusan Pilgub Jakarta Ke DPP Partai Golkar, Termasuk Kans Duet Dengan Anies

Ahmed Zaki Iskandar Serahkan Keputusan Pilgub Jakarta Ke DPP Partai Golkar, Termasuk Kans Duet Dengan Anies

Berikut komentar Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar atau Bang Zaki soal wacana duet dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Bang Zaki mengatakan, urusan koalisi dalam Pilkada masuk ke ranah di DPP partai masing-masing. Dia menegaskan, itu menjadi otoritas Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar. “Keputusan ada di ketua umum dan DPP partai Golkar,” kata Bang Zaki kepada wartawan, Kamis (23/5/2024).

Mantan Bupati Tangerang  itu mengatakan, dia saat ini fokus untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya di hadapan warga Jakarta, selain juga terus menjalin komunikasi lintas parpol. “Acara-acara sosialisasi kemudian juga silaturahmi. Kemarin kita baru saja lewat bulan Syawal, halalbihalal banyak, itu juga ya bagian dari sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Partai Golkar DKI Jakarta membuka peluang mendukung Anies Baswedan dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilgub Jakarta, November 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Basri Baco, kepada wartawan pada Selasa (21/5/2024).

Basri Baco mengungkapkan, dalam politik semua kemungkinan bisa saja terjadi, termasuk mendukung Anies dalam Pilgub Jakarta 2024. Namun, semua itu tergantung koalisi yang dibangun nantinya, karena tidak ada partai politik di Jakarta yang bisa mengusung pasangan calon sendiri.

Bila itu terjadi, maka Partai Golkar DKI Jakarta akan menyodorkan Ketua DPD Golkar DKI, Ahmed Zaki Iskandar atau Bang Zaki, sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) mendampingi Anies. “Prinsipnya kami juga ingin menang. Kalau dari DPP setuju (duet Anies-Zaki), ya boleh-boleh saja. Kita sih senang-senang saja, selama DPP Golkar menyetujui,” jelasnya.

Ditegaskan Basri Baco, keputusan akhir terkait nama yang akan diusung dalam Pilgub Jakarta, tergantung pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar. Dan tentunya sudah menjadi kesepakatan partai koalisi.

Sementara itu, Anies Baswedan mengaku sedang mempertimbangkan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Hal tersebut disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2023 ini saat menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal di Kampung Marlina, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu, 19 Mei 2024.

Anies mengaku, akan mempertimbangkan pencalonanya secara serius, karena desakan dari warga Jakarta. “Bisa dibilang, dalam seminggu ada 4 kali berdatangan berbagai kelompok yang mengundang saya untuk kembali maju di Jakarta,” ungkapnya.

Selain itu, sejumlah partai juga sudah menawari dirinya untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024. “Sekarang saya memang dalam fase menakar dan mempertimbangkan, sudah ada undangan dari partai politik,” kata Anies. (sumber)

Share this content: