Loading Now

Aditya Halindra Luncurkan Program Bus Sekolah Gratis Ramah Disabilitas Untuk Pelajar Tuban

Aditya Halindra Luncurkan Program Bus Sekolah Gratis Ramah Disabilitas Untuk Pelajar Tuban

Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, meluncurkan 10 armada transportasi gratis bagi pelajar atau bus sekolah yang ramah terhadap kaum disabilitas. Peluncuran bus yang diberi nama ‘Si Mas Ganteng’ akronim dari transportasi masyarakat yang elegan dan terintegrasi tersebut berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Selasa (6/2/2024).

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan, peluncuran transportasi gratis ini berawal dari keluh kesah orangtua siswa yang bersekolah di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Akhirnya, Pemkab Tuban mengambil sikap untuk memberikan program transportasi gratis untuk siswa-siswi sekolah, baik negeri maupun swasta,” kata Aditya usai peluncuran 10 armada bus sekolah itu.

Menurutnya, peluncuran bus sekolah tersebut juga merupakan solusi terhadap tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan pelajar di Kabupaten Tuban. “Ini juga solusi maraknya angka kecelakaan, penyediaan transportasi yang aman, nyaman dan elegan ini dapat mengurangi kecelakaan di Tuban,” jelasnya.

Adapun, pengoperasian bus tersebut dimulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB. Berlaku untuk berangkat dan pulang sekolah. Untuk daya tampung transportasi tersebut, setiap bus mampu memuat 40 – 50 penumpang, dan yang bisa duduk memuat 20 – 23 penumpang.

Aditya mengklaim transportasi yang diluncurkan saat ini sebagai angkutan yang ramah untuk pelayanan terhadap penyandang disabilitas. “Untuk teman-teman difabel, yang pakai kursi roda atau penyandang disabilitas lainnya bisa memanfaatkan transportasi ini,” terangnya.

Nantinya, transportasi yang menelan anggaran Rp 13 miliar tersebut akan melayani rute Tuban Kota, Jatirogo – Kenduruan, Senori- Bangilan- Singgahan, Widang – Tuban, Senori- Saringembat- Singgahan, Klotok – Prambon – Plumpang, Rengel-Soko -Parengan, Tambakboyo – Kerek – Merakurak dan Grabagan -Rengel.  (sumber)