Loading Now

Wamendag Jerry Sambuaga Sampaikan Rencana Kenaikan HET Minyakita Menjadi Rp. 15 Ribu Per Liter

Wamendag Jerry Sambuaga Sampaikan Rencana Kenaikan HET Minyakita Menjadi Rp. 15 Ribu Per Liter

Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana menaikkan Harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan rakyat merek Minyakita menjadi Rp15.000 per liter.

Meski demikian, Wakil Menteri Perdaganan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan keputusan tersebut belum final. Lanjut Jerry, jika HET Minyakita naik maka semua pihak harus mematuhi ketentuan yang berlaku.

Adapun yang berlaku saat ini, HET Minyakita ditetapkan sebesar Rp14.000 per liter dan minyak curah Rp15.500 per kilogram. Penetapan HET Minyakita tertuang dalam Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

“Kenaikan HET Minyakita belum, kita lihat nanti. Pokoknya per hari ini tetap sesuai dengan HET,” kata Jerry Rabu 15 Mei 2024.

Jerry melanjutkan, rencana kenaikan HET Minyakita merupakan ketentuan yang harus disepakati bersama. Meski begitu, dia memastikan harga MinyaKita dan minyak goreng curah masih relatif terjaga dan sesuai dengan HET hingga saat ini.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut HET Minyakita akan naik menjadi Rp15.000 per liter dari yang sebelumnya Rp14.000 per liter. Menurut Zulkifli Hasan, harga tersebut akan naik dalam waktu dekat, setelah hasil diskusi yang akan diusulkan pihaknya hingga selesai.  (sumber)

Share this content: