Loading Now

Ravindra Airlangga Masuk Daftar 5 Caleg DPR RI Terkuat di Kabupaten Bogor

Ravindra Airlangga Masuk Daftar 5 Caleg DPR RI Terkuat di Kabupaten Bogor

 Calon anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V asal Partai Golkar, Ravindra Airlangga berpotensi besar masuk Senayan pada kontestasi Pileg 2024.

Potensi terpilihnya Ravindra Airlangga untuk masuk kembali ke DPR RI disebut oleh Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus).

Direktur Eksekutif LS Vinus Yusfitriadi menyebut, Ravindra Airlangga memiliki potensi besar untuk kembali menduduki kursi legislatif.

Bukan tanpa sebab, melalui survei LS Vinus, anak dari Menko Perekonomian ini menyumbangkan 76.86 persen suara untuk partai Golkar di Kabupaten Bogor.

“Artinya, dari 10.23 suara Golkar di Kabupaten Bogor itu, 76.86 persen diantaranya adalah suara pemilih Ravindra,” kata pria yang akrab disapa Kang Yus ini, Jum’at (2/2/2024).

Memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.889.441 menjadikan Kabupaten Bogor sebagai daerah dengan pemilih terbanyak di Indonesia.

Hal ini membuat tidak sedikit aktor-aktor politik nasional yang memilih Kabupaten Bogor sebagai lumbung perolehan suaranya, sehingga pada DPR RI Dapil Jabar V ini disebut juga sebagai Dapil Neraka.

Diketahui, DPR RI Dapil Jabar V atau Kabupaten Bogor memiliki jatah 9 kursi di Senayan. Yang mana dalam hal ini, Ravindra Airlangga masuk dalam 5 besar Caleg yang dipilih oleh masyarakat Kabupaten Bogor.

Adapun menurut hasil survei LS Vinus, pada kontestasi Pileg DPR RI Dapil Jabar V ini, incumbent asal Partai Gerindra Fadli Zon masih bertengger di posisi pertama Caleg DPR RI pilihan masyarakat Kabupaten Bogor.

Setalah Fadli Zon, di urutan ke dua Caleg pilihan masyarakat Kabupaten Bogor juga masih ditempati oleh incumbent, yaitu Adian Napitupulu asal partai PDI Perjuangan. Di posisi ke tiga diisi oleh kader baru yang dimiliki oleh partai Nasdem, Asep Wahyuwijaya.

Lalu di posisi ke empat ada artis senior yang telah lama berada di DPR RI, Primus Yustisio asal Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga seorang incumbent.

Posisi lima besar Caleg DPR RI asal Kabupaten Bogor pun ditutup oleh seorang anak muda yang namanya mulai santer dikalangan masyarakat, yaitu Ravindra Airlangga.

Selain menjadi incumbent, Ravindra yang juga anak Menko Airlangga Hartarto ini memiliki potensi besar untuk dipilih oleh masyarakat Kabupaten Bogor, setelah pada masa kerjanya ia menunjukkan sejumlah kerja nyata untuk masyarakat.

Sedangkan untuk posisi ke enam diisi oleh incumbent asal Partai Gerindra, H. Mulyadi, disusul oleh Tommy Kurniawan asal PKB diposisi ke tujuh dan kader PKS Achmad Ruyat di posisi ke delapan.

Sedangkan untuk kursi ke sembilan, atau posisi terakhir masih diperebutkan oleh incumbent asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Elly Rachmat Yasin dan kontestan baru asal Partai Gerindra Marlyn Maisarah.

LS Vinus sendiri melakukan survei menggunakan metode simpel random sampling dengan menggunakan teori slovin dalam pengambilan sampelnya.

Adapun dalam pengambilan survei ini, LS Vinus mengambil sampel dari 2.493 responden di Kabupaten Bogor dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 5 persen. (sumber)