Loading Now

Menpora Dito Ariotedjo: Meski Beda Koalisi, Kabinet Jokowi Masih Kompak Sekali

Menpora Dito Ariotedjo: Meski Beda Koalisi, Kabinet Jokowi Masih Kompak Sekali

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo menepis isu ketidakharmonisan di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Dia mengklaim suasana kabinet masih nyaman-nyaman saja.

Hal itu diungkapkan Dito usai menghadiri resepsi peringatan Harlah Ke-101 NU di UNU Yogya, Kabupaten Sleman, Rabu (31/1). Dia mengatakan sudah dua kali mengikuti rapat di Istana pada bulan Januari ini. Dia merasa kabinet yang sekarang masih kompak.

“Walaupun isunya berbeda koalisi, tetapi di kabinet masih kompak sekali, dan saya di ranah yang saya urus di Kemenpora koordinasi dengan berbagai menteri dari mana pun ketika agendanya untuk masyarakat dan pemuda olahraga saya rasa semuanya nyaman,” kata Dito kepada wartawan, Rabu (31/1/2024).

Dito menyebut suasana rapat di Istana kini justru lebih banyak guyon. “Rapat di Istana, baik rapat paripurna dan ratas sudah tidak ada kekikukan. Semuanya nyaman dan malah lebih banyak guyonnya sekarang,” ujarnya.

Dito menyebut rapat dengan menteri yang berasal dari partai yang berbeda koalisi dengannya juga masih nyaman.

“Kalau yang saya lihat sih saya rapat dengan semua menteri yang berhubungan dengan program kepemudaan dan olahraga maupun dari mungkin asal partainya bukan dari yang konotasinya yang sekarang (beda koalisi) juga masih nyaman,” tegasnya.

Dia mencontohkan seperti terakhir rapat dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, yang notabene dari PKB juga masih fokus membahas kepentingan masyarakat.

“Terakhir kami masih rapat dengan Bu Ida Fauziyah kan dari PKB yang dari koalisinya perubahan, tetapi untuk saat ini kepentingan masyarakat masih sangat nyaman dan beliau masih sangat fokus,” jelas dia.

Sebelumnya, Hasto pada hari Selasa (30/1) menyebut ada perpecahan atau fragmentasi di tubuh Kabinet Indonesia Maju, sehingga suasana kabinet tidak lagi kondusif. Hal ini disebut Hasto dipicu pernyataan Presiden Jokowi soal presiden boleh berpihak dan ikut kampanye.

Menanggapi Hasto, Istana sudah membantah hal tersebut. Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana menyebut suasana jelang sidang kabinet masih kondusif, masih sangat guyub, dan kondusif.

“Kalau teman-teman media mengikuti suasana menjelang, sidang kabinet paripurna atau rapat terbatas kabinet, menteri-menteri ‘ngeriung’, saling sapa, ngobrol, atau bercanda satu sama lain. Tidak ada suasana pemilu dalam rapat-rapat kabinet,” ucap Ari. (sumber)