Loading Now

Menpora Dito Ariotedjo Apresiasi Desain Jersei Baru Timnas Indonesia Dari Produk Lokal

Menpora Dito Ariotedjo Apresiasi Desain Jersei Baru Timnas Indonesia Dari Produk Lokal

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengapresiasi desain jersei tim nasional Indonesia yang berasal dari produk lokal karya anak muda.

Jenama Erspo resmi merilis jersei tim nasional Indonesia yang terinspirasi dari kostum timnas Merah Putih saat mengalahkan Jepang, 2-0 di laga persahabatan di Stadion Utama GBK, Senayan, 24 Februari 1981.

“Menurut saya tadi lihat sangat bagus. Kalau dilihat dari dekat, ada semacam motif berupa Garuda dan ini sangat keren dan diambil dari inspirasi jersi tahun 1981 dimana Indonesia menang 2-0 lawan Jepang,” kata Kemenpora Dito Ariotedjo seusai peluncuran jersei di Jakarta, Senin.

Jersei pertama menggunakan warna dominan merah dengan garis kerah o-neck putih itu terinspirasi dari jersei timnas Indonesia pada tahun 1981 ketika digdaya menundukkan timnas Jepang.

Dalam jersei berwarna merah tersebut, terdapat motif timbul yang bermakna sebagai dukungan dari suporter dengan mengambil corak yang bermakna tepuk tangan, hentakan kaki, suara teriakan penonton dan dentuman drum.

Pada jersei kedua, didominasi dengan warna putih dengan garis kerah yang juga menggunakan o-neck berwarna merah.

Nuansa retro kian terasa di dua jersei skuad garuda tersebut dengan memadukan lambang Garuda Pancasila yang dipadukan dengan motif logo timnas pada tahun 1981. Logo tersebut memiliki makna kekuatan dan perlindungan.

Menurut Dito peluncuran jersei ini menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan sport industri karena menggandeng sejumlah perusahaan-perusahaan lokal dan UMKM.

“Kita lihat hari ini bagaimana PSSI bisa mengambil kesempatan dari potensi sport industri kita. Jadi walaupun peluncuran jersei, Erspo dari Erigo, brand lokal anak muda yang sangat sudah terkenal … ini kami sangat apresiasi jadi akan memajukan jenama-jenama lokal lagi untuk spektrum olahraga,” ujar Dito.

Jersei terbaru ini akan langsung dikenakan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Asia melawan Vietnam, pada 21 Maret mendatang di Stadiun utama GBK, Senayan. (sumber)

Share this content: