Loading Now

Bupati Dico Ganinduto Bantah Kabar Warga Kendal Dipersulit Melamar Kerja di KIK

Bupati Dico Ganinduto Bantah Kabar Warga Kendal Dipersulit Melamar Kerja di KIK

Terkait banyaknya keluhan yang menyebut warga Kendal sulit melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan yang berada di Kawasan Industri Kendal (KIK), ditanggapi oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto. Orang nomer satu di Kendal itu meminta masyarakat untuk intropeksi diri dan meningkatkan kembali skill yang dimiliki.

“Kalau hari ini ya solusinya menurut saya ya intropeksi diri. Lihat dulu dari masing-masing. Kenapa yang lain bisa diterima bekerja, anda tidak bisa,” jawabnya, saat menjawab pertanyaan sejumlah awak media di Pabrik Rokok Saritem, Rabu (3/7/2024) kemarin.

Menurut Bupati, selama ini rekruitmen yang dilakukan perusahaan di KIK mayoritas memprioritaskan calon pekerja dari masyarakat Kabupaten Kendal.

“Jadi mungkin yang mengatakan dipersulit harus intropeksi diri dulu. Karena nyatanya selama ini rekruitmen yang ada di KIK mayoritas masyarakat Kendal. Jadi jangan semuanya itu disalahkan kepada KIK maupun kepada pemerintah,” ujarnya.

Bupati menegaskan, pemerintah daerah telah berupaya maksimal dalam menjembatani calon pekerja dari Kabupaten Kendal, supaya bisa diterima dan bekerja di KIK.

“Kenyataannya kita monitor terus, tenaga kerjanya itu mayoritas memang dari Kendal. Kalau belum, mungkin belum mendapatkan kesempatan. Yang kedua kompetensinya tidak sesuai bisa jadi, dan yang ketiga mungkin secara kepribadian harus dirubah,” tandasnya.

Bupati menyebut, pihaknya trerus berupaya memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kendal sesuai bidang dan keahliannya.

“Nah itu yang harus kita latih terus. Jadi semakin rendah angka pengangguran di Kendal, nanti kita bisa semakin spesifik melihat permasalahan. Kalau hari ini kan masih tinggi. Jadi semakin kompetitif semakin sedikit angka pengangguran,” jelasnya. (sumber)

Share this content: