Loading Now

Airlangga Hartarto: Partai Golkar Setuju Pilkada Serentak Dimajukan September 2024

Airlangga Hartarto: Partai Golkar Setuju Pilkada Serentak Dimajukan September 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya setuju pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dipercepat menjadi September. “Golkar kita setuju untuk maju di bulan September,” kata Airlangga usai membuka pasar murah DPD Golkar Sumut di Gedung Serba Guna milik Pemprov Sumut di Deli Serdang, Sabtu (27/1).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI itu menyebut dalam waktu dekat akan ada pembahasan di DPR RI terkait pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2024 yang dipercepat dari bulan November ke September “Itu kan nanti akan ada pembahasan di DPR,” ujarnya.

Rencana memajukan jadwal Pilkada Serentak 2024 muncul beberapa pekan terakhir. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan jadwal pemungutan suara pilkada ini masih bisa berubah.

“Bila nanti terjadi perubahan UU Pilkada, dalam hal jadwal misalkan jadwal maju menjadi September 2024, ya nanti kita akan lakukan penyesuaian-penyesuaian,” kata Hasyim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/1).

Dalam Rancangan PKPU tentang Tahapan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, pemungutan suara pada 27 November 2024.

“Pemilihan gubernur, bupati dan wali kota dilaksanakan pada 27 November 2024,” kata Yulianto saat uji publik tiga rancangan PKPU di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/1).

Sementara itu, akhir tahun 2023, DPR menyetujui revisi Undang-undang Pilkada menjadi usul inisiatif DPR. Revisi UU Pilkada dilakukan dalam rangka mempercepat penyelenggaraan Pilkada yang semula November 2024 menjadi September 2024. (sumber)