Loading Now

Wamendag Jerry Sambuaga: Perlindungan Konsumen Penting Hadapi Peralihan Perdagangan Ke Aktivitas Digital

Wamendag Jerry Sambuaga: Perlindungan Konsumen Penting Hadapi Peralihan Perdagangan Ke Aktivitas Digital

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Sosialisasi Perlindungan Konsumen dengan tema “Cerdas di Era Digital” yang berlangsung di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18 Jan).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa perubahan pola aktivitas perdagangan yang berbasis aktivitas digital secara langsung berdampak pada perubahan pola perilaku konsumen dan pelaku usaha. Perubahan ini harus diimbangi dengan berbagai kebijakan yang dapat melindungi berbagai aktivitas pola perdagangan baru yang dilakukan seluruh lapisan masyarakat.

Lebih lanjut, Wamendag mengatakan bahwa perlindungan konsumen menjadi sangat penting karena permasalahan yang dihadapi oleh konsumen saat ini makin kompleks dan rumit, sehingga membutuhkan langkah penanganan yang tepat dan cepat.

Peran pemerintah diarahkan melalui penguatan regulasi yang dapat menciptakan keseimbangan antara iklim usaha yang kondusif untuk pelaku usaha dengan perlindungan konsumen yang lebih memberikan kepastian hukum.

Wamendag berpesan, sebagai konsumen cerdas, kita harus teliti sebelum membeli, memilih produk yang bertanda SNI, serta memperhatikan tanggal kedaluwarsa, label, dan manual kartu garansi berbahasa Indonesia. Selain itu, kita juga diharapkan membeli sesuai kebutuhan, bukan keinginan, serta cinta dan bangga memakai dan mengonsumsi produk buatan Indonesia. (sumber)