Loading Now

Sosok Sekar Tandjung, Calon Kuat Pengganti Gibran di Solo

Sosok Sekar Tandjung, Calon Kuat Pengganti Gibran di Solo

Solo akan ditinggalkan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka karena terpilih menjadi wakil presiden RI mendampingi Prabowo Subianto.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Rektor UNSA Astrid Widayani, putri politikus PDIP Bima Arya, Riri Maharani, putra politisi senior PDIP FX Hadi Rudyatmo, Rheo Fernandez dan beberapa lainnya.

Di antara nama-mana itu muncul nama Sekar Krisnauli Tandjung, putri tokoh senior Golkar Akbar Tanjung.  Sekar Krisnauli Tandjung resmi diusung oleh partai berlogo beringin itu untuk maju dalam Pilkada Kota Solo 2024.

Dikutip dari Kompas.com, Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Jateng-DIY Iqbal Wibisono menyebutkan, sang ayah sudah merestui langkah Sekar ikut kontestasi Pilkada Solo 2024.

“Ini tahapan tapi dia salah satu unggulan dari Golkar sebagai Wali Kota atau Wakil Wali Kota Solo,” ujar Iqbal melalui sambungan telepon, Jumat (31/5/2024).

Menurut Iqbal, perempuan yang merupakan Ketua DPD Golkar Solo juga sosok cerdas dan kreatif, sehingga dianggap mampu memimpin Kota Solo.

“Dia masih muda (27 tahun) kreatif punya jiwa kepemimpinan tinggi empati keberanian punya paling ndak dia berprestasi. Selain Mbak Sekar ada Mas Aris dewan pertimbangan, orang Solo juga yang kita usung,” lanjutnya.

Iqbal juga menambahkan, Golkar Solo masih terus menjalin komunikasi dengan Akbar Tandjung terkait pencalonan putrinya di Pilkada Solo.

Golkar Solo juga mulai berkomunikasi dengan partai lain. Pasalnya Golkar hanya memiliki tiga kursi di DPRD Solo dan perlu berkoalisi untuk mengusung pasangan calon. “Sekarang sedang membangun koalisi semua partai mana yang bisa yang penting bisa memenuhi sembilan kursi,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan partai Golongan Karya (Golkar) Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), bertemu untuk membahas pilkada 2024, Rabu (29/5/2024).

PKS dan Golkar

Ketua DPD PKS Solo, Daryono menyampaikan bahwasanya pihaknya bersilahturahmi untuk menindaklanjuti hasil penjaringan bakal calon yang akan diusung Pilkada 2024.

“Dalam penjaringan ini menyampaikan kepada bahwa Mbak Sekar selaku ketua DPD Golkar Kota Solo, ternyata ada salah satu kader Golkar masuk dalam penjaringan PKS dalam hal ini beliau sendiri,” kata Daryono.

Dikatakannya pula, Sekar Tandjung merupakan satu-satunya perempuan yang masuk daftar 14 nama sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota. “Sekar Tandjung beliau ini merupakan tokoh muda rising star. Hasil penjaringan ini secara resmi disampaikan sebagai sebuah bahan pertimbangan barangkali berdiskusi, berkolaborasi,” katanya.

“Untuk bagaimana langkah ke depan konteks menuju Kota Solo lebih baik atau pilkada Kota Solo. Dan membuka komunikasi dengan teman-teman dari DPD Partai Golkar,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Solo, Sekar Tandjung berterima kasih dan merasa terhormat masuk dalam penjaringan PKS. “Bahwa ternyata perempuan hanya dari Golkar. Sangat mengagetkan tentunya kami merasa berterima kasih dan juga merasa terhormat bahwa Partai Golkar dan sosok di dalamnya,” kata Sekar Tandjung.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan mekanisme dan prosedur dalam internal partai.

“Tentunya saat ini kami pun dalam proses untuk melaksanakan konsolidasi dan sosialisasi mengenai kader-kader kami akar rumput diharap menggunakan momentum ini sebagai keuntung dan meningkatkan ketangguhan daripada infrastruktur Partai Golkar,” jelasnya.

Sekar mengaku antusias untuk melanjutkan komunikasi dengan PKS. Apalagi kedua partai punya sejarah yang panjang. “Kami sangat antusias untuk terus melanjutkan komunikasi PKS dan Golkar memiliki sejarah yang panjang. Beberapa kali berjuang bersama dan tentunya menjadi landasan yang sangat positif untuk kita melanjutkan komunikasi,” tutupnya. (sumber)

Share this content: