Loading Now

Nofel Saleh Hilabi Janji Hadirkan Investor Bagi UMKM Kota Depok dan Bekasi Agar Tumbuh dan Berkembang

Nofel Saleh Hilabi Janji Hadirkan Investor Bagi UMKM Kota Depok dan Bekasi Agar Tumbuh dan Berkembang

Politisi muda Partai Golkar, Nofel Saleh Hilabi mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan antara Pemkot Depok, PHRI Kota Depok dengan komunitas dalam memberi ruang pemasaran yang lebih luas bagi IKM (Industri Kecil Menengah). Salah satu contoh kolaborasi ini adalah keberadaan pojok IKM di Hotel Savero, Kota Depok.

Menurut Nofel Saleh Hilabi, pembukaan ruang pemasaran yang luas dengan mekanisme kolaborasi ini bakal menghidupkan iklim ekonomi di Kota Depok.

Hanya saja, akan lebih baik apabila kolaborasi ini diatur melalui regulasi tersendiri di dalam Perda. Sehingga tidak hanya IKM yang sudah established mendapat kesempatan ini, tetapi juga UMKM bisa dapat kesempatan.

“Saya kira ini terobosan yang baik di Kota Depok. Agar hal seperti ini efektif, saya usulkan perlu adanya legalisasi melalui kebijakan seperti Perda. Kemudian catatan saya, kebijakan ini jangan hanya menjangkau IKM yang sudah established, tetapi juga UMKM,” dikatakan Nofel Saleh Hilabi kepada redaksi Golkarpedia pada Jumat (26/01).

Nofel Saleh Hilabi yang merupakan Caleg Partai Golkar DPR RI Dapil Jabar VI (Kota Depok dan Bekasi) menambahkan, selain masalah perluasan ruang pemasaran yang bakal terselesaikan dengan adanya kolaborasi ini, perlu kiranya IKM mendapat perhatian khusus agar dapat meningkatkan kualitas produk.

“Selain persoalan ruang pemasaran, masalah kualitas produk IKM dan UMKM kita juga perlu diperhatikan. Pemerintah kiranya juga perlu untuk memberikan pelatihan IKM dan UMKM kita terkait masalah packaging misalnya, kemudian branding produk, sampai mereka bisa melakukan produksi massal nantinya,” ujar Ketua Umum Baladhika Karya ini.

Nofel yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Perhotelan di PHRI pusat ini juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan instrumen untuk meningkatkan kualitas serta output UMKM dan IKM di Dapilnya. Sehingga diharapkan nantinya, UMKM bisa naik kelas menjadi UKM, dan UKM bisa naik kelas jadi IKM.

“Dalam visi misi saya, memang persoalan ketenagakerjaan masuk dalam skema yang harus kita selesaikan. Salah satu formulasinya adalah pengembangan UMKM di Dapil saya. Bahkan saya sudah berniat mewakafkan gaji saya untuk membangun ekosistem UMKM di tiap kecamatan di Kota Depok dan Bekasi,” papar Nofel Saleh Hilabi.

Tak hanya itu, Nofel Saleh Hilabi mengaku bakal membuat sistem mentoring bagi pengembangan UMKM yang ada dalam binaannya. Sehingga income mereka nantinya bisa terus tumbuh dan menjadi industri besar yang dapat memproduksi secara massal produknya.

“Nanti kita siapkan tim mentoring untuk membina UMKM di tiap kecamatan. Kemudian saya juga akan membantu dari akses permodalan dengan mendatangkan investor skala mikro hingga makro untuk UMKM di Kota Depok dan Bekasi. Dari sisi regulasi, tentu saya akan menghasilkan produk perundangan yang pro terhadap pengembangan UMKM,” pungkas Nofel Saleh Hilabi. {golkarpedia}