Loading Now

Gandeng MPR RI, SOKSI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Untuk Kader, Buruh dan Pekerja

Gandeng MPR RI, SOKSI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Untuk Kader, Buruh dan Pekerja

Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) menggandeng MPR RI menyelenggarakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Gedung Nusantara IV DPR/ MPR RI, Rabu (19/06/24) pukul 13.00-16.00 WIB.

Acara ini akan dihadiri langsung Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo untuk membuka dan menyampaikan Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Acara ini rencananya akan dihadiri oleh 200 peserta dari unsur pekerja/ buruh, unsur pengusaha, Depinas SOKSI, Organisasi pendiri dan yang didirikan Partai Golkar serta Partai Golkar DKI Jakarta.

Acara ini bertujuan memperkokoh pelaksanaan kepnaker 76/2024 tentang pedoman pelaksanaan hubungan
Industrial Pancasila pada pekerja/buruh dan Pengusaha. Selain itu, untuk memberikan pemahaman pada stakeholder bipartit dalam pelaksanaan hubungan industrial Pancasila.

Demi terwujudnya hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan, pemerintah lewat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) merilis Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) nomor 76 tahun 2024 tentang ‘Pedoman Pelaksanaan Hubungan Industrial Pancasila.

Kepmenaker 76 tahun 2024 ini bertujuan memberikan tuntunan bagi pekerja/ buruh, pengusaha dan juga pemerintah dalam mewujudkan hubungan industri yang harmonis di perusahaan berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Dengan diluncurkannya Kepmenaker 76 tahun 2024, dapat memberikan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam dunia usaha.

Hubungan industrial Pancasila harmonis, haruslah menganut asas kekeluargaan dan gotong royong yang merupakan cerminan bangsa Indonesia. Asas kebersamaan ini muncul karena adanya sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu untuk meringankan beban.

Selain asas kekeluargaan dan gotong royong, dalam hubungan industrial Pancasila, diperlukan asas musyawarah untuk mufakat yang mengedepankan sopan santun baik dari tindakan dan gaya berbicara.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Depinas SOKSI dan MPR RI ini dilaksanakan untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan serta mengimplementasikan pelaksanaan aturan tentang Pedoman Pelaksanaan Hubungan Industrial Pancasila.

Turut hadir sebagai pembicara: Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Kemnaker dan Ketua Dewan Pakar SOKSI, Bomer Pasaribu. Selain itu hadir pula Ketua Institut Hubungan Industrial Indonesia/ Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia: Timboel Siregar, Ketua Umum DPN Apindo, Shinta Widjaja Kamdani dan Waketum Depinas SOKSI, Lawrance TP. Siburian. (Politiknesia)

Share this content: