Loading Now

Diberi Gelar ‘Karaeng’, Airlangga Hartarto Diterima Secara Adat Sebagai Bagian Keluarga Besar Manggarai Barat

Diberi Gelar ‘Karaeng’, Airlangga Hartarto Diterima Secara Adat Sebagai Bagian Keluarga Besar Manggarai Barat

Ketua DPD I Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT), Melkiades Laka Lena menyambut langsung kedatangan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di Bandara Labuan Bajo, NTT. Kedatangan Airlangga Hartarto ke Labuan Bajo guna menghadiri agenda perayaan natal nasional Partai Golkar di Hotel Ayana, Minggu (14/01/2024).

Saat kedatangannya, Airlangga Hartarto disambut dengan upacara adat Manggarai Barat. Tampak seorang pemuka adat didampingi Bupati Manggarai Barat, Edistasiu Endi beserta Wakil Bupati dr. Yulianus Weng turut mendampingi pemuka adat tersebut melakukan penyambutan.

“Ketum tadi diterima secara adat Manggarai oleh Pak Bupati Manggarai Barat, Pak Edistasiu Endi dan Wakil Bupati Pak dr. Yulianus Weng. Dan tadi diterima secara adat dengan prosesi tuak. Tadi diberikan juga kain khas Manggarai Barat kepada Ketua Umum, Airlangga Hartarto,” ujar Melki Laka Lena kepada redaksi Golkarpedia.

Lebih lanjut, terlihat dalam prosesi adat tersebut terdapat seorang pemuka adat mengenakan pakaian khasnya. Ia membawa satu ekor ayam yang digantungkan di tongkat, peci khas Manggarai Barat, serta kain untuk diselendangkan olehnya kepada Airlangga Hartarto. Rapalan doa-doa keselamatan dan ucapan selamat datang di tanah Labuan Bajo terdengar dari ucapan pemuka adat tersebut.

“Kebanggaan juga Pak Airlangga dipanggil Karaeng yang merupakan panggilan kehormatan bagi masyarakat Manggarai Barat. Artinya, Pak Airlangga sudah diterima secara adat sebagai bagian dari keluarga besar Manggarai,” papar Melki Laka Lena menjelaskan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini juga tak lupa berterimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat yang telah bersedia menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dengan prosesi adat yang istimewa. Termasuk menjadikan figur Airlangga Hartarto sebagai keluarga besar masyarakat Manggarai.

“Sekali lagi terimakasih kami sampaikan kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati Manggarai Barat yang telah menerima ketua umum kami, Pak Airlangga secara adat. Semoga penerimaan ini menjadi sinergi positif bagi keluarga besar Partai Golkar dan masyarakat Manggarai Barat,” pungkas Melki Laka Lena.