Loading Now

Wamendag Jerry Sambuaga Buka-Bukaan Jurus Guna Jaga Persaingan Dagang di Indonesia

Wamendag Jerry Sambuaga Buka-Bukaan Jurus Guna Jaga Persaingan Dagang di Indonesia

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga mengungkap bahwa pihaknya memiliki cara yang komprehensif untuk menjaga persaingan dagang di dalam negeri, utamanya dalam hal persaingan produk lokal dan impor di pasaran.

Jerry menegaskan, untuk menanggulangi itu, Kementerian Perdagangan kini memiliki peraturan yang ketat terkait barang-barang luar yang masuk ke Indonesia. Menurutnya, ada skala dan prioritas di mana barang-barang tersebut bisa masuk atau tidak.

“Yang satu pasti bukan barang konsumsi. Biasanya yang di impor bahan baku yang diproduksi di Indonesia dan menjadi produk jadi, kemudian diekspor. Itu adalah konsep bahan baku yang selektif diolah oleh pengusaha kita yang diproses untuk ekspor dan untuk pemasukan,” ujarnya dalam Road to CNBC Awards 2023 ‘Best Consumer & E-Commerce Companies’ Kamis (23/11/2023).

Cara selanjutnya yakni Kementerian Perdagangan selalu melakukan langkah aktif untuk mengatur dan melindungi para UMKM, karena sejatinya Pemerintah senantiasa berpihak kepada pengusaha dan brand lokal.

Salah satu contohnya yakni ketika platform TikTok ramai digunakan untuk melakukan penjualan, di mana barang yang dijual adalah barang impor yang tidak tepat, karena cara masuk impornya yang tidak sesuai prosedur.

Menurutnya hal seperti itu hanya akan menciptakan pasar yang tidak setara. Karena barang yang dijual di TikTok akan terbantu dengan subsidi platform serta merugikan bagi pemasukan karena cara masuk yang tidak sesuai. Begitu pula dengan UMKM lokal yang pastinya juga dirugikan.

“Soal umkm, salah satu platform media sosial yang jualan (TikTok), ini adalah langkah tegas dan eksekusi untuk melindungi UMKM. Salah satu yang dilakukan media sosial tersebut adalah impor yang tidak tepat,” pungkasnya. (sumber)

Share this content:

Post Comment