Loading Now

Tiga Legislator Golkar  Sabet Penghargaan MKD DPR RI Sebagai ‘Pejuang Etika Kelembagaan’

Tiga Legislator Golkar  Sabet Penghargaan MKD DPR RI Sebagai ‘Pejuang Etika Kelembagaan’

Golkartoday | Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI (MKD) memberikan award atau apresiasi setinggi-tingginya kepada sejumlah Anggota DPR RI sebagai ‘Pejuang Etika’ lembaga DPR RI atas kinerja baiknya sepanjang 2022. Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menjelaskan istilah Pejuang Etika tersebut berarti menekankan upaya yang tidak pernah berhenti untuk mempertahankan prestasi yang telah diraihnya.

Pemberian award tersebut diberikan dalam kegiatan MKD Award tahun 2022 yang dilaksanakan di Bhirawa Assembly Hall, Hotel Bidakarta, Pancoran, Jakarta. MKD Awards ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan untuk upaya menjaga dan peningkatan etika DPR, termasuk DPRD.

“Tentu perjuangan ini tidak akan berhenti karena pasang surut perkembangan penegakkan etika di kelembagaan kita, baik di DPR RI dan DPRD yang membutuhkan kesungguhan dan kebersamaan untuk meneguhkan niat, komitmen, dan kerja keras kita dalam rangka menjajal pelaksanaan etika kelembagaan kita,” ujar Muhaimin, Senin (12/12/2022).


Baca Juga: 
Airlangga Hartarto Lepas 1160 Bacaleg DPR RI Partai Golkar
Nusron Wahid Semprot Dubes AS, Terkait Pasal Perzinahan KUHP

Menurut Politisi PKB itu, Etika tidak hanya ditegakkan dengan penindakan tetapi justru diutamakan pencegahan. Sehingga, perilaku dari upaya pencegahan tidak sekedar sanksi dan hukuman, tetapi justru apresiasi dan keteladanan. Hal itulah yang dimaknai tujuan keberadaan dari MKD DPR RI, yakni bertujuan untuk menjaga serta menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat DPR RI sebagai perwakilan rakyat. Hal itu sebagaimana termaktub di dalam pasal 199 Undang Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR DPR DPD dan DPRD (MD3).

Pages: 1 2

Post Comment