Loading Now

Airlangga Hartarto : Pemerintah United Kingdom (UK) Menyambut Peluang Pendirian Kampus Asing di Kawasan Ekonomi Khusus

Airlangga Hartarto : Pemerintah United Kingdom (UK) Menyambut Peluang Pendirian Kampus Asing di Kawasan Ekonomi Khusus

Golakrtoday | Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah, tak cuma fokus kepada pengambangan kapasitas yang berkaitan dengan ekonomi semata.

Aspek lain seperti pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan lembaga pendidikan juga ikut masuk dalam bagian  kawasan tersebut. Kawasan yang tujuan utamanya adalah untuk pemekaran aktifitas ekonomi dan maksimalisasi posisi geostrategis untuk wilayah yang telah ditetapkan masuk dalam program tersebut.

“Di Kawasan Ekonomi Khusus  itu sangat memungkinkan penyediaan fasilitas untuk perguruan tinggi. Ini cocok untuk lembaga pendidikan Inggris jika ingin mendirikan  universitas sendiri atau Anda ingin berkolaborasi dengan universitas yang ada. Jadi saya pikir kemitraan dan peluang bisa tersedia dan kita juga bisa mengarahkan ke Kawasan Ekonomi Khusus,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Nasional KEK dalam pertemuan dengan Sir Steve Smith, Special Envoy dari Pemerintah United Kingdom (UK) sebagai International Education Champion, di Jakarta pada Rabu (30/11/2022).

Tawaran tersebut disambut Sir Steve Smith dengan menyebut bahwa pemerintah UK menjadikan Indonesia sebagai prioritas dalam kerjasama utamanya pada bidang pendidikan. Ketertarikan itu diwujudkan dengan adanya minat 13 Uuniversitas UK untuk bekerja sama dan melihat potensi pengembangan cabang kampus mereka di Indonesia. “Kami punya 13 Universitas dan masih ada lagi yang akan datang dan secara khusus tertarik dengan Kawasan Ekonomi Khusus. Di sini kami menjajaki kemungkinan keterlibatan dan pendirian kampus cabang baik langsung atau secara kemitraaan kolaboratif dengan institusi Indonesia,”katanya.


Berita Lainnya :
Berhasil Mengendalikan Krisis Airlangga Hartarto Layak Dapat Gelar Bapak Ekonomi Kerakyatan
Strategi Menperin Agus Gumiwang Guna Mendukung Pengembangan Industri Minyak Atsiri
Kenaikan Upah Minimum “Wis Wayahna” Menko Airlangga : Tenaga Kerja Ini Harus Kita Apresiasi

Kolaborasi dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui transfer of knowledge antar pendidik maupun dari sistem pengajaran berstandar internasional dapat diwujudkan dalam kerangka kerja sama tersebut. Dengan program tersebut, ada keuntungan lain yang bisa diraih yakni penghematan sumber daya manusia, disamping juga mendapat kualitas pendidikan berstandar tinggi dengan biaya yang jauh lebih rendah. “Unsur biaya yang lebih rendah juga sangat menarik bagi siswa dalam upaya mereka mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas setara dengan di Inggris,” tambah Sir Steve.

United Kingdom sendiri merupakan salah satu tujuan studi yang diminati pelajar Indonesia, dimana terdapat sekitar 3.000 pelajar Indonesia yang telah mendaftarkan diri. Kualitas pendidikan yang menawarkan berbagai jurusan, standar tinggi dalam pengajaran, waktu tempuh studi yang relatif pendek, dan kesiapan infrastruktur riset menjadi keunggulan universitas di United Kingdom. {sumber}

Post Comment